JURNAL



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran:
Satuan Pendidikan                : SMP Pantang Mundur
Kelas/Semester                      : VII/2
Topik/Subtopik                     : Segitiga dan Segiempat/Jenis dan Sifat Segiempat
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit

Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya

·      Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar segi empat dan segitiga
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
·      Menunjukkan sikap logis dan kritis dalam menyelesaikan tugas atau masalah yang diberikan guru.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.2.1        Memiliki rasa ingin tahu melalui bertanya kepada guru atau siswa lain tentang objek-objek di sekitarnya yang berkaitan dengan bentuk segi empat dan segitiga,
2.2.2        Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas yang diberikan
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
3.6 Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas

3.6.1        mengidentifikasi jenis segiempatberdasarkan kesejajaran sisi;
3.6.2        mengidentifikasi jenis segiempat berdasarkan ukuran sudut;
3.6.3        mengidentifikasi jenis segiempat berdasarkan panjang dan kedudukn diagonal-diagonalnya;
3.6.4        menentukan bangun segiempat jika diketahui, ukuran-ukurn sudutnya, posisi diagonal-diagonalnya atau kesejajaran sisinya.

A.   Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar segi empat dan segitiga;
2.    menunjukkan sikap logis dan kritis dalam menyelesaikan tugas atau masalah yang diberikan guru;
3.    memiliki rasa ingin tahu melalui bertanya kepada guru atau siswa lain tentang objek-objek di sekitarnya yang berkaitan dengan bentuk segi empat dan segitiga;
4.    menunjukkan rasa percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas yang diberikan;
5.   mengidentifikasi jenis segi empat berdasarkan kesejajaran sisi;
6.   mengidentifikasi jenis segi empat berdasarkan ukuran sudut;
7.   mengidentifikasi jenis segi empat berdasarkan panjang dan kedudukn diagonal-diagonal;
8.   menentukan beberapa perbedaan sifat dari beberapa jenis segiempat.
9.   menentukan jenis segiempat jika diketahui, ukuran-ukuran sudutnya, posisi diagonal-diagonalnya atau kesejajaran sisinya.mengidentifikasi jenis dan sifat segi empat;

B.     Materi Pembelajaran
Jenis dan Sifat Segiempat
Jenis bangun datar bermacam-macam, antara lain: persegi, persegipanjang, segitiga, jajargenjang, trapesium, layang-layang, belahketupat, dan lingkaran.
http://3.bp.blogspot.com/-Bkl9WvjfqvY/UJKZU5Do0bI/AAAAAAAABgM/VsbXufPLazA/s400/bidang-datar.jpg

Nama-nama Bangun Datar
  1. Persegi Panjang, yaitu bangun datar yang mempunyai sisi berhadapan yang sama panjang, dan memiliki empat buah titik sudut siku-siku.
  2. Persegi, yaitu persegi panjang yang semua sisinya sama panjang.
  3. Segitiga, yaitu bangun datar yang terbentuk oleh tiga buah titik yang tidak segaris.. macam macamnya: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, segitiga sembarang
  4. Jajar Genjang, yaitu segi empat yang sisinya sepasang-sepasang sama panjang dan sejajar.
  5. Trapesium, yaitu segi empat yang memiliki tepat sepasang sisi yang sejajar.
  6. Layang-layang, yaitu segi empat yang salah satu diagonalnya memotong tegak lurus sumbu diagonal lainnya.
  7. Belah Ketupat, yaitu segi empat yang semua sisinya sama panjang dan kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus.


Sifat-sifat bangun datar segiempat

  1. Layang-layang:  terbagi atas 2 digonal yang berbeda ukurannya
  2. Persegi: semua sisi-sisinya sama panjang, semua sudut sama besar
  3. Persegipanjang: sisi yang behadapan sama panjang, semua sudut sama besar
  4. Belahketupat: semua sisi-sisinya sama panjang, sudut yang berhadapan sama besar
  5. Jajargenjang: sisi yang berhadapan sama panjang, sudut yang berhadapan sama besar

C.     Model  Pembelajaran: Problem Based Learning:
Metode Pembelajaran: Metode diskusi, tanya jawab.
Pendekatan Pembelajaran Saintifik

D.    Sumber/Media/Alat Pembelajran: Buku guru dan buku siswa kelas VII Semester 2,
bangun-bangun datar segiempat.
E.     Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
PENDEKATAN SAINTIFIK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
RENCANA WAKTU
PENDAHULUAN

Apersepsi






Motivasi































1)      Guru menyapa siswa dengan memberi salam dan menanyakan kabar siswa hari ini
2)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3)      Siswa mencermati fenomena atau cerita untuk memunculkan masalah terkait pola yang diajukan guru.
4)      Guru memotivasi siswa dengan menyampaikan kegunaan praktis dari pemahaman siswa terhadap penerapan jenis dan sifat segi empat dapat dipergunakan untuk menhitung keliling dan luas suatu bidang yang berbentuk segi empat.


10 menit













KEGIATAN INTI

Fase 1: Orientasi siswa kepada masalah


Mengamati










Menanya


5)      Guru mengajukan permasalahan berikut:
Seorang tukang kayu diminta oleh pelanggannya untuk membuat bingkai jendela dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Gambarlah bentuk dan ukuran bingkai jendela yang mungkin dibuat oleh tukang tersebut jika bingkai yang diinginkan berbentuk segiempat
6)      Guru meminta siswa untuk menggambar jenis-jenis bingkai-bingkai yang mungkin dibuat oleh tukang kayu dan mengamatinya.
7)      Siswa  bertanya pada guru yang berkaitan dengan permasalahan

60 menit
Fase 2: Mengorganisasikan siswa


8)      Guru mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil yang terdiri atas 4-5 orang.
9)      Guru memberi tugas kelompok untuk menyelesaikan masalah yang diberikan melalui diskusi kelompok.



Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

Mengamati










Menanya






10)  Siswa diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri bangun datar yang telah digambar.
11)  Guru memberi kesempatan kepada kelompok untuk membaca buku siswa atau sumber lain atau melakukan penyelidikan guna memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diberikan.
12)  Guru memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan bentuk-bentuk segiempat yang teramati dan benda-benda segiempat yang tersedia.
13)  Guru memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai: 1)“jenis” dan “segiempat”; 2) “segiempat” dan “sisi” dan “sejajar”; 3) “segiempat” dan “sudut” 4) “segiempat” dan “diagonal”.

Mengumpulkan informasi

14)  Guru meminta siswa untuk melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi terkait dengan jenis bangun datar.
15)  Guru membimbing siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis dalam mencari jawaban terkait dengan masalah yang telah diberikan.
Fase 4:Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengasosiasikan






16)  Guru meminta siswa untuk mengembangkan hasil penyelidikan menjadi sifat-sifat segi empat (persegi, persegi panjang, jajarangenjang, trapesium, belah ketupat).

Mengkomunikasikan





17)  Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil temuannya (jawaban terhadap masalah yang diberikan) dan memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi dan memberi pendapat terhadap presentasi kelompok.
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah







18)  Guru membimbing siswa untuk melakukan analisis terhadap pemecahan masalah terkait dengan jenis dan sifatsegi empat yang telah ditemukan siswa.
19)  Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
20)  Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa.

PENUTUP
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut



Menginformasikan  rencana pembelajaran selanjutnya




21)  Siswa diminta menyimpulkan tentang jenis dan sifat-sifatnya
22)  Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai segiempat
23)  Guru memberikan tugas (PR) beberapa soal latihan pada buku siswa mengenai segiempat.
24)  Guru mengakhiri kegiatan belajar dan memberikan informasi materi yang akan dipelajari pertemuan berikutnya, dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
25)  Guru bersama siswa menutup pembelajaran dengan berdoa.

10    menit

F.     Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap


Indikator:  1. Melalui kegiatan diskusi siswa dapat berpikir logis, kritis, rasa ingin tahu dan percaya diri
Instrumen Penilaian dan pedoman penskoran/penilaian:

No
Nama Siswa
Logis
Kritis
Rasa ingin tahu
Percaya diri
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1


















2





















































Rubrik Penskoran.
4 :Kualitas sikap sangat baik
3 :Kualitas sikap baik
2: Kualitas sikap cukup
1: Kualitas sikap kurang
                                    Nilai sikap = modus untuk masing-masing sikap.




G.    Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Jenis Tes: Tes tulis uraian
Indikator:
1.      Menyebutkan jenis-jenis bangun segi empat
2.      Menyebutkan sifat-sifat persegi
3.      Menyebutkan sifat-sifat persegi panjang
4.      Menyebutkan sifat-sifat jajargenjang
5.      Menyebutkan sifat-sifat belah ketupat
6.      Menyebutkan sifat-sifat layang-layang
7.      Menyebutkan sifat-sifat trapesium


Instrumen penilaian dan pedoman penskoran/penilaian:

A.    Instrumen Penilaian
1.        Sebutkan jenis-jenis bangun segi empat !
2.        Sebutkan sifat-sifat persegi !
3.        Sebutkan sifat-sifat persegi panjang !
4.        Sebutkan sifat-sifat jajar genjang !
5.        Sebutkan sifat-sifat belah ketupat !
6.        Sebutkan sifat-sifat layang-layang !
7.        Sebutkan sifat-sifat trapesium !

B.     Kunci Jawaban
1.         Persegi, persegi panjang, jajaran genjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium
2.         Sifat-sifat persegi :
-          Setiap pasang sisi berhadapan sejajar
-          Semua sisi sama panjang
-          Semua sudut berukurn sama besar, yaitu 90o
-          Masing-masing diagonal membagi daerah atas dua bagian yang sama
-          Kedua diagonal berpotongan di titik tengah masing-masing
-          Kedua diagonal tegak lurus

3.         Sifat-sifat persegipanjang:
-            Setiap pasang sisi berhadapan sejajar
-            Sisi-sisi berhadapan sama panjang
-            Semua sudut berukuran sama besar yaitu 90o
-            Masing-masing diagonal membagi daerah atas dua bagian yang sama
-            Kedua diagonal berpotongan di titik tengah masing-masing

4.         Sifat-sifat jajargenjang:
-            Setiap pasang sisi berhadapan sejajar
-            Sisi berhadapan sama panjang
-            Sudut berhadapan sama besar
-            Masing-masing diagonal membagi daerah atas dua bagian yang sama
-            Kedua diagonal berpotongan di titik tengah masing-masing

5.         Sifat-sifat belahketupat:
-            Setiap pasang sisi berhadapan sejajar
-            Semua sisi sama panjang
-            Sudut berhadapan sama besar
-            Masing-masing diagonal membagi daerah atas dua bagian yang sama
-            Kedua diagonal berpotongan di titik tengah masing-masing
-            Kedua diagonal tegak lurus


6.         Sifat-sifat layang-layang:
-            Sudut berhadapan sama besar
-            Semua sudut sama besar
-            Kedua diagonal tegak lurus
-            Salah satu diagonal membagi dua daerah yang sama
-            Dua pasang sisi berukuran sama panjang

7.         Sifat-sifat trapesium:
-            Hanya sepasang sisi berhadapan sejajar
-            Sudut berhadapan sama besar
-            Jumlah sudut yang dibentuk oleh sisi tidak sejajar ddan dua sisi sejajar sama dengan 1800


Pedoman Penskoran:
No
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
1
Kebenaran jawaban
Jawaban Lengkap dan kritis
5


Jawaban Lengkap
4


Jawaban hampir lengkap
3


Jawaban kurang lengkap
2


Jawaban  tidak lengkap
1


Jawaban salah
0

Skor Total
35





                                                                                                                  Tanggerang, 17 April 2014
Kepala Sekolah                                                                                         Guru



1 komentar: